Agustus 27, 2011

Pengaturan pernafasan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit

 Mengapa pernafasan mempunyai peran penting dalam metabolisme tubuh?Jawabanya : karena aktivitas ,gerak tubuh ,pencernaan makanan,sirkulasi darah,dll membutuhkan oksigen yang diambil dari paru -paru saat bernafas.Bayangkan saja sepeda motor pun dilengkapi dengan sistem pengaturan angin yang di hubungkan  pada kaburator.Begitu juga manusia mempunyai system pernafasan yang lebih komplek.Keluar masuknya udara dalam tubuh disamping untuk pergantian udara dirongga dada juga punya peranan penting diantaranya:
1. Mengganti udara yang ada dalam rongga perut,dada dan hidung.Di dalam perut terjadi proses pencernaan atau penggilingan makanan.Untuk proses itu butuh ruang yang cukup untuk sirkulasi udara dalam membantu penggilingan makanan.Maka apabila kita kekenyangan, sehingga isi rongga perut kita lebih dari duapertiga nya diisi oleh makanan ,meyebabkan kerja usus lebih terforsir dan lebih lamban.idealnya kita harus membagi isi perut kita dengan tiga bahan sama rata yaitu makaanan,minuman dan udara,sehingga pencernaan dan penyerapan makanan lebih optimal.
2. Pergantian udara dalam rongga dada  atau lebih dikenal dengan pernafasan paru -paru sangat vital artinya bagi seluruh aktivitas .Baik itu system peredaran darah,system koordinasi syaraf,system motorik gerak tubuh ,maupun aktivitas indra manusia.Paru - paru mempunyai arti yang sangat signifikan dalam penyerapan oksigen.Adanya penyakit dalam paru - paru menyebabkan terganggunya proses pernafasan.misalnya nafas sesak,batuk dan nyeri di dada.Ketika  paru - paru telah menyerap oksigen,kemudian proses selanjutnya adalah pengiriman oksigen keseluruh tubuh melalui darah.Didalam paru -    paru dara kotor yang berisi CO2 diganti dengan oksigen sebelum menuju ke jantung.CO2 ini dibuang dalam proses pelepsan udara saat kita bernafas.
3. Salah satu organ lain yang cukup berperan saat kita bernafas adalah hidung.Hidung adalah jendela utama proses masuknya udara dalam tubuh .Dihidung terjadi proses penyaringan udara oleh bulu hidung dan lendir/ingus.Disini juga terjadi proses penyesuaian suhu udara luar dengan suhu badan.Apabila suhu udara luar sangat dingin maka  rongga hidung melakukan proses peningkatan suhu udara.Dan sebaliknya apabila suhu udara luar sangat pannas maka hidung menjadi mesin AC pendingin secara alamiah.
   Setelah mengetahui pentingnya pernafasan bagi metabolisme tubuh,sekarang kita bisa lebih mengoptimal kan system pernafasan ,caranya:
   Dalam menghirup udara kita bisa menerapkan cara pernafasan yang dilakukan aaaaahli pernafasan ilmu tenaga dalam danlain -lain.Contoh latihan pernafasan antara lain:
1.Pertama kita hirup udara sedikit demi sedikit perlahan lahan,sampai terisi penuh rongga perut dan dada dengan udara,bisa sambil duduk atau berdiri.Usahakan konsentrasi fokus pada pernafasan kita,bisa dengan mata terpejam.Usahakan hati kita tetap ingat kepada Alloh SWT agar terhindar dari masuknya gangguan mahluk lain.Dalam angan - angan kita menyerap seluruh energi yang ada dialam semesta masuk kedalam tubuh kita.
2. Langkah kedua kita tahan nafas semampu kita,ingatlah akan maksud kita, misalnya kita mau menyembuhkan penyakit di lambung ,fokuskan pikiran dan angan - angan kita dilambung.
3. Ketiga ,kita hembuskan melalui hidung udara di rongga perut dan dada kita secara perlahan -lahan dan sedikit demi sedikit.Kita bayangkan semua kotoran penyakit yang ada ditubuh kita keluar bersama udara yang kita hembuskan.
4. Langkah terakhir adalah menahan sebentar semampu kita untuk mengosongkan isi rongga perut dan dada dari udara( menahan tidak menghirup udara).Dalam tahap ini konsentrasi kita terfokus kepada keberadaan dzat Allah SWT.
    Ulangi langkah - langkah diatas sampai diri kita tenang,releks,berkeringat dan segar semampu kita jangan dipaksakan.Tetapi dengan rutin melatih pernafasan kita insya alloh badan akan semakin sehat dan bugar.Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Mas, Ijin share …
    Salah satu teknik acupuncture adalah menggunakan energi reiki.
    “Energi Reiki Merupakan Energi Positif dari Alam yang lembut dan memiliki vibrasi/getaran yang Kuat Sehingga Efektif dalam Menyembuhkan dan Mengobati Berbagai Macam Penyakit. Jika Anda ingin mengubah hidup Anda, Menjadi lebih sehat dan terbebas dari Berbagai Macam Penyakit, Mulailah Menanamkan Energi Reiki dalam Hidup Anda”.
    Berbagai manfaat alat **DIGITAL ACUPUNCTURE THERAPY** :
    - Membantu program penurunan berat badan (diet)
    - Membantu menghancurkan lemak berlebih pada bagian tubuh
    - Membantu melatih syaraf pada penderita STROKE (frekuensi tegangan listrik disesuaikan)
    - Membantu melancarkan peredaran darah
    - Membantu menghilangkan ketidak nyamanan di tubuh
    - Membantu mengoptimalkan fungsi tubuh
    - Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh
    - Membantu mencegah berbagai macam penyakit

    Alat untuk terapi reiki ini bisa anda dapatkan di sini : http://tokomaksi.com/Reiki-Electro-Acupuncture

    BalasHapus